My Latest Adventure (2)

IMG_20170309_170714

Dear readers, seperti telah kujanjikan di postingan sebelumnya https://failasufah01.wordpress.com/2017/03/10/my-latest-adventure/, kali ini aku akan memposting foto-fotoku ketika di Makassar, terutama yang paling banyak adalah ketika berada di Fort Rotterdam.You can see how excited I am to found such a treasure like those. I hope one day I’ll be back to Makassar, and I will visit this beautiful historical place again.

IMG_20170309_170707

IMG_20170309_170824

IMG-20170310-WA0005IMG-20170310-WA0007IMG-20170310-WA0010IMG-20170310-WA0012IMG_20170309_170710IMG_20170309_171239IMG-20170310-WA0017IMG-20170310-WA0018IMG-20170310-WA0021IMG-20170310-WA0023IMG-20170310-WA0024


Kenang – kenangan Dari Palembang

Aku berada di bumi Sriwijaya, larut dalam kejayaan masa lampau, dalam balutan warna emas dan merah (takjub dan terharu)

Dear readers, seperti yang pernah kuceritakan di postingan sebelumnya, pada bulan Agustus lalu, tepatnya pada tanggal 18-24 Agustus 2014, aku berkesempatan menjejakkan kaki di tanah Sumatra, tepatnya di kota Palembang. Kalau bukan karena siswaku kebetulan menjadi juara 1 tingkat propinsi pada Lomba Kompetensi Siswa Akuntansi, mungkin selamanya aku takkan pernah menghirup udara kota Palembang 🙂 (tentu saja karena kehendak Allah juga :)). Karena itu, aku sungguh sangat berterimakasih kepada Maria, siswaku itu, yang kini sudah kuliah di Politeknik Negeri Semarang Jurusan Akuntansi Program Studi Komputerisasi Akuntansi. Aku bisa berangkat ke Palembang, karena menjadi guru pendamping siswa peserta lomba di tingkat Nasional.

Dari Cilacap, aku berangkat ke Semarang dulu. Pagi hari tanggal 18 Agustus itu di aula Gedung C Kantor  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, diadakan upacara pelepasan kontingen wakil Propinsi pada Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional. Selesai acara, kami berangkat ke bandara Ahmad Yani. Seluruh rombongan berjumlah 104 orang (untuk 35 mata lomba), berangkat dengan dua bis dan beberapa mobil. Kami naik pesawat Garuda ke Palembang, transit di Jakarta.

Setibanya di Palembang, kami semua langsung terjadwal dalam serangkaian acara  yang dijadwalkan oleh panitia. Seluruh kegiatan lomba bertempat di Kawasan Jakabaring Sport City. Begitu juga dengan penginapan para peserta lomba. Sedangkan guru pendamping dan official dari Propinsi menginap di hotel. Selanjutnya, hari-hari yang kami lalui terasa begitu cepat, dan cukup melelahkan. Karena hampir setiap hari kami berangkat ke kawasan Jakabaring jam 7 pagi dan pulang sekitar jam 9 malam. Hanya pada 2 hari terakhir kami sempat jalan-jalan menjelajah kota Palembang.

Foto-foto berikut ini adalah kenangan yang terekam dalam kamera digital yang kubawa ;

I'm flying away...

I’m flying away…

Sungai Musi tampak dari atas

Sungai Musi tampak dari atas

Sambutan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Saat pertama kali melewati Jembatan Ampera, berangkat menuju kawasan Jakabaring Sport City

Saat pertama kali melewati Jembatan Ampera, berangkat menuju kawasan Jakabaring Sport City

Dekorasi acara pembukaan, di gedung Dekranas

Dekorasi acara pembukaan, di gedung Dekranas

Suasana acara pembukaan

Suasana acara pembukaan

baca puisi

baca puisi

Dekorasi acara pembukaan

Dekorasi acara pembukaan

DSC00976

DSC01061

Suasana di tenda tempat lomba LKS Akuntansi, di lokasi Parkir Lapangan Tembak Jakabaring Sport City

Tenda-tenda tempat lomba kelompok bisnis dan manajemen, pariwisata, dan tata busana, di lokasi parkir lapangan tembak Jakabaring Ssport City

Tenda-tenda tempat lomba kelompok bisnis dan manajemen, pariwisata, dan tata busana, di lokasi parkir lapangan tembak Jakabaring Sport City

Sebagian dari para pendamping siswa peserta LKS, dari seluruh Indonesia

Setiap hari ada seminar, dengan tema yang berbeda

Setiap hari ada seminar, dengan tema yang berbeda

Para narasumber, dari Direktorat Pendidikan SMK dan juga dari kalangan DuniaUsaha/Dunia Industri

Para narasumber, dari Direktorat Pendidikan SMK dan juga dari kalangan DuniaUsaha/Dunia Industri

Wisata kuliner, menikmati empek-empek dan tekwan asli Palembang

Wisata kuliner, menikmati empek-empek dan tekwan asli Palembang. Ada mie ayam juga, pesenan Maria

DSC01212

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Suasana di dalam Masjid Agung Sultan Badaruddin.

Suasana di dalam Masjid Agung Sultan Badaruddin.

DSC01293

Jembatan Ampera, difoto dari perahu yang membawaku dan Maria berkeliling sungai Musi

Ke Benteng Kuto Besak juga, sayangnya nggak bisa masuk :)

Ke Benteng Kuto Besak juga, sayangnya nggak bisa masuk 🙂

Ke Museum juga, sayang sudah tutup karena datangnya kesorean :)

Ke Museum juga, sayang sudah tutup karena datangnya kesorean 🙂

Pelaminan adat Palembang, ada di Museum Sultan Badaruddin II (esok siangnya aku ke sana lagi :) )

Pelaminan adat Palembang, ada di salah satu ruangan di dalam Museum Sultan Badaruddin II (esok siangnya aku ke sana lagi 🙂 )

Ini juga ada di Museum, desain interior kamar tidur keluarga kerajaan di masa lalu

Ini juga ada di Museum, desain interior kamar tidur keluarga kerajaan di masa lalu

Rumah kuno cantik yang aku temui di suatu jalan

Rumah kuno cantik yang aku temui di suatu jalan

Ke Pulau Kemaro

Ke Pulau Kemaro

DSC01476

Legenda Pulau Kemaro, yang tragis 😦

Kain-kain songket yang cantik mempesona :)

Kain-kain songket yang cantik mempesona 🙂

Aku tak tahu kapan takdir membawaku kembali mengunjungi Palembang, Sumatera Selatan yang mempesona dalam nuansa merah dan emas. Mungkinkah pada suatu hari nanti, atau mungkin juga tidak akan pernah lagi ada kesempatan kedua :). Tak apalah, karena aku sudah sangat bersyukur bahwa pada suatu hari dalam hidupku, aku pernah datang berkunjung ke sana 🙂 🙂


Gunung, Hutan Cemara dan Air Terjun

Akhirnya, sepulang dari Uji Kompetensi di Polines Semarang kemarin itu, pada tanggal 3 dan 4 Juli lalu, aku bisa juga pergi berlibur. Tempatnya adalah  sebuah desa yang terletak tinggi di atas gunung dan udaranya sejuk dan segar, airnya dingin sedingin es. Sebuah desa bernama Wanayasa, kecamatan Wanayasa, di Kabupaten Banjarnegara. Letaknya tidak jauh dari Dieng. Aku akan bagikan sedikit foto-fotonya. Ini dia :

liburan 1

liburan 2

liburan 3

liburan 4

liburan 5

liburan 6

liburan 7

liburan 8


Dokumentasi Workshop

Tanggal 10 sampai dengan 12 September yang lalu bertempat di SMKN 1 Cilacap aku bersama teman-teman telah menyelenggarakan Workshop Komputer Akuntansi MYOB untuk guru SMK yang tergabung dalam MGMP Produktif Akuntansi SMK se Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini terselenggara bekerjasama dengan PPPTK Bisnis dan Pariwisata Depok, Sawangan, yang merupakan tindak lanjut dari diklat guru inti yang dulu kuikuti selama dua minggu di bulan April, yang pernah aku ceritakan di postinganku dulu. Dan ini sedikit dokumentasinya :

MYOB (Mind Your Own Business) adalah sebuah software komputer akuntansi yang telah lama dipakai di kompetensi keahlian akuntansi, dimulai dari versi 13 dan yang sekarang dipakai adalah versi 18. Walaupun ada beberapa SMK yang tidak menggunakan MYOB dan memakai ACCURATE sebagai gantinya, kebanyakan SMK memilih menggunakan MYOB karena di Lomba Kompetensi Siswa baik di tingkat kabupaten maupun propinsi sampai nasional, software yang dipakai adalah MYOB.

Alhamdulillah, aku sangat bersyukur diberi kesehatan sehingga bisa melaksanakan kegiatan yang cukup melelahkan itu selama tiga hari berturut-turut. Dan aku bersyukur bahwa kegiatan itu bisa terselenggara dengan baik dan lancar, dan rasanya lega sekali setelah sekarang semuanya selesai. Laporan Diklat juga sudah disusun oleh bu Sari, temanku dari SMKN Nusawungu Cilacap, dan juga sudah dikirim ke Jakarta (terimakasih banyak bu Sari… :))


We Are The Champions

Akhirnya, hiruk pikuk persiapan untuk maju ke Lomba Kompetensi Siswa tingkat provinsi, usai sudah. Setelah di bulan Juni, siswaku yang bernama Jariyah (yang cerdas itu) memenangi lomba yang sama di tingkat kabupaten, maka pada tanggal 19 dan 20 September kemarin dia maju ke tingkat propinsi, yang kali ini diselenggarakan di Semarang (tahun lalu di Pati).

Kami, rombongan sekolah berangkat ke Semarang tanggal 18 September jam 01.00 WIB dinihari. Kami berangkat dengan 3 mobil, terdiri dari siswa dari 5 kompetensi keahlian dan guru pendamping masing-masing. Lima kompetensi keahlian itu adalah; Multi Media maju mata lomba Animation, Akuntansi maju mata lomba Accounting, Administrasi Perkantoran maju ke mata lomba Secretary, Pemasaran   ikut mata lomba Marketing dan Usaha Perjalanan Wisata maju mata lomba Tourist Industry.

Dan sepertinya, kami  semua tidak akan bisa melupakan saat-saat acara malam penutupan LKS itu berlangsung. Malam itu kami datang ke lokasi penutupan LKS, di halaman balai kota Semarang. Kami duduk di tempat yang disediakan, di tenda yang megah, menatap ke panggung yang bermandikan cahaya, dengan puluhan piala yang berderet (piala Juara 1, 2 dan 3 untuk 50 mata lomba). Sebelumnya, ketika acara pengumuman lomba di Unisbank, tempat dilaksanakannya mata lomba Accounting, Secretary dan Marketing, kami hanya tahu bahwa sekolah kami untuk mata lomba Accounting masuk 5 besar, Secretary masuk 10 besar dan Tourist Industry juara 3. Waktu itu aku katakan kepada Jariyah (peserta lomba Accounting) dan Rusmiyatun (peserta yang ikut lomba Secretary) siswa kami itu, bahwa “Jangan khawatir, kalian pasti kebagian piala itu.” Mereka hanya berkata “Amin…semoga ya Bu.”

Dan berikutnya, satu demi satu juara 1 sampai 3 untuk tiap mata lomba pun dibacakan. Panitia membacakan untuk setiap 10 mata lomba sekaligus, sehingga yang maju ke panggung sebanyak 30 orang setiap kalinya.  Ketika piala dibagikan, mengalunlah lagu We Are The Champions” by Queen

We are the champions – my friends
And we’ll keep on fighting – till the end –
We are the champions –
We are the champions
No time for losers
‘Cause we are the champions – of the world –

Dan sampailah ketika panitia membacakan juara 1, 2, dan 3 untuk mata lomba Accounting, dimulai dari juara 3… “Jariyah…SMK Negeri 1 Cilacap, Kabupaten Cilacap !” Wow! Juara 3, dari 35 peserta ! “Jariyah..! Selamat ya…!!” kataku. Dan Jariyah, muridku yang cerdas itu, langsung berdiri dan menyalami kami, bapak dan ibu gurunya, sebelum melangkah menuju panggung untuk menerima piala bersama para juara lainnya. Jariyah itu memang muridku yang luar biasa. Setelah 30 orang naik panggung, mengalun lagi lagu Queen itu, ketika piala dibagikan.

We are the champions – my friends
And we’ll keep on fighting – till the end –
We are the champions –
We are the champions
No time for losers
‘Cause we are the champions – of the world –

Dari lima mata lomba yang kami ikuti, Secretary juara harapan 1, Accounting juara 3 dan Tourist Industry juara 3.  Marketing dan Animation belum beruntung. Mungkin tahun depan. Dan bagiku, tahun depan beban terasa akan lebih berat, karena ada target minimal mempertahankan peringkat. Dan itu lebih sulit, daripada meraih peringkat. Tapi bismillah saja, semoga adik kelas Jariyah juga sama cerdasnya dengan Jariyah. Amin… 🙂

Dan pesanku untuk Jariyah, prestasi itu boleh untuk dibanggakan, tapi bukan untuk disombongkan… Dan tidaklah sama bangga dengan sombong, tapi hati-hati, karena terlalu bangga bisa menjadi sombong… 🙂 Selamat ya Nak… Semoga masa depan cerah menantimu. Amin.. 🙂


My Laptop Wallpaper

Biasanya, bila aku capek dengan pekerjaanku, atau bila aku ingin beristirahat sejenak dari kesibukanku di depan laptop, aku akan menatap koleksi gambar-gambar download-an berikut ini. Dan ini adalah gambar-gambar tentang fairytale cottage, yang secara bergantian aku jadikan sebagai wallpaper laptopku :

I really love those pictures. How about you ?


Finally, My Dream Comes True

Akhirnya, hari itu datang juga. Suatu hari, dimana impianku terwujud. Sebetulnya aku tidak terlalu menanti-nantikan datangnya hari itu. Di tengah-tengah kesibukan di sekolah, apalagi kemarin baru saja ada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (lagi) yang sempat bikin deg-degan karena takut kalah (karena kalau kalah pasti dimarahin, dan malu banget pastinya) tiba-tiba hari itu datang juga. O, ya. Lomba Kompetensi Siswa Akuntansi tingkat kabupaten, dimenangkan oleh sekolahku lagi ! Betapa leganya. Dan penyelenggaraannya sama seperti tahun kemarin, benar-benar obyektif dan independen. Soal dari Pak Didik Soesilo Tamtomo, SE, Akt, M.Si yang dosen Polines itu, dan jurinya dari SMKN 1 Banyumas ;Pak Iwan Supriyono S.Pd, Pak Amin Purwono S.Pd, Bu Mulyani, S.Pd dan satu lagi kalo nggak salah namanya bu Sholeha, S.Pd.

Setelah melalui hari-hari yang sibuk dengan berbagai aktivitas, mengajar, menjadi pembantu penyelenggara UUS genap, pembekalan LKS, antar jemput Nayla (:)) akhirnya tanggal yang ditentukan itu datang juga. Sungguh, rasanya hari-hari berlalu begitu cepat. Sejak pertengahan April, kegiatan ini direncanakan, akhirnya terwujud juga. Kegiatan apakah itu ? Studi banding ke Singapura ! 🙂

Sejak lama, aku kepingin sekali bisa naik pesawat terbang (ndeso banget ya ? emang ! :)) dan pergi ke luar negeri. Sebenarnya aku ingin, pergiku ke luar negeri yang pertama adalah ke Mekkah.  Tapi apa daya, takdir membawaku ke Singapura, sebagai yang pertama (Mungkinkah akan ada yang kedua, yang ketiga dan yang lain-lainnya ? Entahlah :))

Buatku yang sederhana ini (halah… :)) naik pesawat terbang untuk pergi ke luar negeri itu cuma mimpi yang entah sampai kapan akan bisa menjadi kenyataan. Kebetulan, aku kan mengajar aplikasi komputer akuntansi MYOB. Setiap tahun, setiap kali menjelaskan cara mengentry data customer dan supplier ke dalam customer card, kebetulan contoh nama dan alamat perusahaan yang ada di diktat berlokasi di singapura. Misalnya  XYZ, Pte, Ltd, beralamat di Temasek Building, Orchard Road, no sekian, no telepon dan fax sekian dan sebagainya. Setiap kali menegetikkan alamat itu ketika mengajar, aku selalu berpikir, “kapan ya…bisa ke sana…?” Bertahun-tahun aku mengajar MYOB, dan contoh customer di diktat, alamatnya masih sama (nanti kalau sudah latihan soal, baru diberi yang berbeda-beda). Bertahun-tahun pula, setiap kali mengajar itu, aku berpikir, kapan bisa ke orchard road. Aku sama sekali tidak  menyangka, kalau pada bulan Juni tahun ini, akhirnya aku akan ke sana juga.

Semua ini berawal pada suatu hari di bulan April, tanggalnya lupa, ketika pihak sekolah merencanakan akan mengadakan studi banding ke Singapura. Dari semua warga sekolah, yang ikut hanya 26 orang, dan alhamdulillah, aku termasuk di dalamnya. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 26 Juni sampai dengan 29 Juni 2012. Jadi, beberapa hari kemarin, aku berada di sana. Selain studi banding, tentu saja ada jalan-jalannya kan ? Ini dia foto-foto, yang kuambil pakai HP, jadi hasilnya tidak sebagus kalo pake kamera DSLR :

Nah kalo yang ini adalah foto-foto dari temanku yang punya kamera DSLR. Pasti keliatan bedanya:


Tamu Dari Polines

Hari sabtu tanggal 10 Desember 2011 kemarin, sesuai dengan program kerja, Kompetensi Keahlian Akuntansi sekolahku mengadakan kegiatan mengundang guru tamu. Berdasarkan saran seorang teman, diputuskan bahwa  guru tamu yang diundang adalah Bapak Didiek Susilo Tamtomo, SE, Akt, M.Si, dosen Politeknik Negeri Semarang dan materinya adalah Laporan Arus Kas.

Kenapa mesti beliau dan bukan yang lain ? Sebetulnya tadinya aku sudah merencanakan untuk mengundang teman sekelasku dulu waktu jaman kuliah yang sekarang jadi dosen di Unnes Semarang, tapi aku kan nggak bisa memaksakan kehendakku. Nggak papalah, yang penting dosen akuntansi. Kebetulan pak Didiek memang cukup familiar di kalangan guru-guru Akuntansi SMK. Beliau sering menjadi panitia Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Propinsi sebagai pembuat soal dan juri, juga sering membawakan materi dalam workshop guru-guru akuntansi.

Kebetulan juga, sebelumnya aku  sudah beberapa kali bertemu  dengan beliau. Pertama kali, tahun 2007 sewaktu mengantar anak yang ikut lomba Komputer Akuntansi MYOB di Polines, Semarang. Lalu tahun 2008 juga ketemu, dalam acara yang sama, sekaligus waktu itu beliau sebagai pembawa materi workshop untuk guru pendamping anak yang ikut lomba. Lalu ketiga kalinya, Agustus 2010 sewaktu sama-sama ikut kegiatan Upgrading Asesor Kompetensi Akuntansi yang diadakan oleh LSP Teknisi Akuntansi dan BNSP di Jakarta. Ternyata beliau juga asesor LSP.

Aku bersyukur kegiatan sabtu kemarin bisa berjalan dengan baik dan lancar, berkat dukungan dan kerjasama seluruh temanku sesama guru produktif akuntansi. Untuk itu kepada Bu Navy Hardiati Dian Mintarsih S.Pd, M.Pd, Pak Drs. Mukhayat, Bu Sri Rahayu Nuriyah, S.Pd, Pak R. Ngadimin S.Pd, dan Pak Petrus Rusyadi, dan tentu saja kepada pak Didiek saya mengucapkan banyak terimakasih. (Emang beliau baca blog ini ? :))


It’s About My Busy Days (Halah :))

Dari judulnya kesannya kayak sok sibuk banget ya ? Lebay banget. Padahal sih cuma kerjaan biasa aja. Kebetulan aja di kegiatan UUS semester gasal ini aku dimasukkan sebagai anggota penyelenggara. Jadinya selama UUS dua minggu kemarin itu ya ngerjain kerjaan penyelenggara, bersama teman-teman satu tim.

Hanya saja, selama dua minggu kemarin itu, barengan sama UUS, ada beberapa pekerjaan yang harus aku bereskan juga. Yang pertama, membagi jam mengajar untuk 6 orang guru produktif akuntansi untuk semester genap besok. Yang kedua, membuat surat permohonan verifikasi ulang TUK (Tempat Uji Kompetensi) karena masa berlakunya sudah akan habis akhir Desember besok. Selain itu juga membuat laporan kegiatan TUK (Tempat Uji Kompetensi) sebagai syarat untuk verifikasi. Sekaligus mengirimkannya ke LSP Teknisi Akuntansi dan transfer biaya verifikasi ulang. Yang ketiga, menyiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan mengundang guru tamu dari Politeknik Negeri Semarang (Pak Didiek Susilo Tamtomo, SE, Akt, M.Si) yang dilaksanakan tanggal 10 Desember 2011. Yang keempat, menyusun proposal dan anggaran untuk kegiatan Uji Kompetensi LSP Teknisi Akuntansi yang rencananya akan dilaksanakan bulan Januari besok.

Semuanya itu dikerjakan dalam waktu dua minggu, diantara kegiatan menjadi penyelenggara UUS, ditambah dengan mengoreksi hasil pekerjaan teori produktif akuntansi (untungnya cuma dua kelas), menyiapkan daftar nilai untuk dua unit kompetensi yang kuajarkan, dan menyetorkannya ke wali kelas. Syukurlah semuanya itu telah selesai. Proposal uji kompetensi sudah di acc, kegiatan mengundang guru tamu yang memberikan materi Laporan Arus Kas juga sudah terselenggara dengan baik sabtu kemarin. Laporan Kegiatan TUK beserta surat permohonan verifikasi dan permohonan uji kompetensi sudah dikirim, uang juga sudah ditransfer. Daftar nilai sudah didistribusikan ke wali kelas masing-masing. Pembagian jam mengajar untuk masing-masing guru sudah selesai dibuat, sudah ditandatangani waka kurikulum juga.

Tapi, masih banyak juga pekerjaan lainnya… aku masih harus membagi jam pengayaan materi produktif untuk persiapan UN sejumlah 14 jam dalam seminggu pertama liburan besok, untuk 6 orang guru. Juga menyiapkan bahan dan materi untuk pengayaan. Selain itu masih juga harus membuat analisis soal UUS dan juga analisis nilai. Dan itu semua nggak mungkin bisa diselesaikan sesuai deadline, kalau hanya dikerjakan dengan waktu sesuai dengan jam kerja di sekolah, walaupun kadang-kadang aku pulang sampai sore. Bener deh, pekerjaan guru itu bener-bener nggak cuma di sekolah, tapi mesti harus dibawa pulang juga (walaupun sebenarnya kepala sekolahku berpesan kepada semuanya agar tidak membawa pulang pekerjaan sekolah karena bisa berpengaruh terhadap stabilitas rumah tangga, katanya :)). Makanya aku sebel aja kalau ada orang yang iri sama guru karena mendapat tunjangan sertifikasi. Belum tau dia, gimana rasanya jadi guru mapel kompetensi produktif di SMK.  But tetep…I try to keep saying : “I feel happy with my life. Everything is enough for me. I enjoy my life. I enjoy my work. I enjoy my everyday life. Thank You Allah, for everything you have given to me.”


Butterfly in a Hurricane

Setelah akhir bulan kemarin disibukkan dengan persiapan audit surveillance ISO dari PT TUV Rheinland Indonesia, awal bulan November masih juga sibuk dengan persiapan penyelenggaraan workshop pengembangan bahan pembelajaran produktif akuntansi, yang dilaksanakan atas kerjasama MGMP Produktif Akuntansi Kab. Cilacap dengan P4TK Bisnis Manajemen dan Pariwisata Jakarta. Sebenarnya sih, dalam kegiatan itu aku cuma bantu-bantu bu Yayuk aja. Temanku bu Rahayu yang jadi ketua MGMP nya, bersama bu Sari (SMKN Nusawungu) yang jadi bendaharanya, dan merekalah yang lebih sibuk dua kali lipatnya dibandingkan aku.

Alhamdulillah acara yang diselenggarakan pada tanggal 7 – 9 November kemarin itu bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Setelah itu, masih harus menyiapkan closing untuk temuan-temuan dari hasil audit yang dilaksanakan akhir bulan kemarin (Selalu saja ada temuan….heran :() Lalu masih juga harus menyusun soal teori produktif akuntansi untuk Ulangan Umum Semester Gasal yang akan dimulai tanggal 28 November besok. So ? Teuteup, I try to keep saying  “I feel happy with my life. Everything is enough for me. I enjoy my life. I enjoy my work. I enjoy my everyday life. Thank You Allah, for everything you have given to me.”

Setiap pagi, begitu datang ke ruangan, semua Ka.Prog kegiatannya sama : buka laptop. Untuk mengisi waktu diantara jadwal masuk kelas, ada yang mengerjakan segala macam tetek bengek administrasi mengajar, bikin RPP, analisis evaluasi, bikin soal, ngerjain closing temuan audit, atau….. buka facebook, buka blog, ngecek site stats, cek email (siapa tau ada yang comment), dan blog walking…. 🙂 (Biar sibuk dan nggak sempet nulis postingan, ngeblog jalan terus… 🙂 because writing and blogging is curing, and sharing is caring :))

Dan pada suatu hari saat aku cek email, di inboxku ada satu email dari wordpress, memberitahukan bahwa seorang blogger bernama zendictive menyukai salah satu judul postinganku di blog keduaku. Padahal sih, sebenarnya judul yang dia “like” itu hasil dari copy paste… 🙂 Tapi teuteup, rasanya seneng aja kalau ada yang “like” dan “comment”.

Selanjutnya aku datangi blognya, pingin liat-liat postingannya. Ternyata… tulisan dan puisi-puisinya cool banget…  Sebaiknya aku copaskan saja puisi-puisi keren itu disini (aku sudah minta ijin sama penulisnya kok :))

Butterfly in a Hurricane

Butterfly butterfly
perched on a flower high,
a storm’s rolling in
turning dark is the sky.

What will you do
Butterfly butterfly?
A hurricane is coming
and you live outside.

You show no fear
as the storm draws near
butterfly butterfly
just sitting there.

Consumed in living
and dancing with flowers
as the rain cometh
in a thundering shower.

I watched the wind
blow you away
butterfly butterfly
in a hurricane.

(Why do I feel like I’m the butterfly in that poem… With every circumstance and upheaval I’m in… I were the butterfly outside :))

Yang ini puisi yang kedua :

My Friends

My friend the wind
comes and goes
reminding me
that’s how life flows

My friend the river
showed me swells and white caps
they went up and down
expressing emotions
will fall, crown and recap

My friend the tree
reminds me to stand tall and proud
set roots and reach for the heavens
dance when the wind blows
be absent of malevolence

My friend the sun
like true friends do
came and warmed my soul
showing me to shine brightly
it too has its highs and lows

My friend the moon
brought me enlightenment
in my darkest hours
making shadows flower

My friend the dawn
filled my life with colors
it came and I yawned
bringing me another day
in which to carry on

Bagus-bagus kan puisinya ? 🙂