Random Thought

Dear readers… bagaimana kabarnya ? semoga semuanya sehat selalu. Sekarang ini aku sedang sibuk dengan Kegiatan Diklat Guru Program Keahlian Ganda (Diklat In Service 1) Kompetensi Keahlian Multimedia sebagai tindak lanjut dari keberangkatanku ke Makassar awal bulan Maret lalu ketika mengikuti Rapat Koordinasi untuk penyelenggaraan diklat ini. (Di postingan lalu aku sudah pernah ceritakan tentang ini)  Karena sekolahku ditunjuk menjadi PB (Pusat Belajar) untuk guru keahlian ganda oleh LP3TK KPTK Gowa Makassar, maka aku harus menjalankan tugas dan tanggung jawabku sebagai salah satu komponen kecil dalam kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan Diklat yang dilaksanakan di sekolahku ini. Kegiatan Diklat Guru Keahlian Ganda ini dilaksanakan selama 2 bulan dengan 45 hari efektif, dimulai sejak 25 Maret 2017 sampai dengan 24 Mei 2017.

Para peserta Diklat ini adalah guru-guru SMK yang telah terdaftar dalam program ini yaitu sebanyak 28 orang berasal dari Purwokerto, Purbalingga, Brebes, Banyumas dan Cilacap. Di kegiatan ini, sebenarnya aku hanya merupakan satu komponen kecil aja. Aku lebih suka menyebut diriku sebagai PU, atau Pembantu Umum. Aku hanya sibuk wira-wiri kesana-kemari sambil berlari-lari mengurusi apa saja yang bisa diurus. Capek sih,  dalam sehari aku bisa naik turun tangga berkali-kali, karena urusan di lantai atas dan di lantai bawah. Seminggu pertama kegiatan ini dilaksanakan di lantai 2, di ruang sidang. Minggu berikutnya berlangsung di laboratorium komputer 1. Lokasi lab 1 itu jauh di pojokan belakang sekolah. Jadi walaupun berada di lantai 1, aku wira-wiri bolak-balik dari ruang guru ke lab 1, dari kelas ke lab 1, sama aja capeknya. Semoga saja setelah kegiatan ini berakhir, berat badanku bisa turun sekitar 5 kilo. 🙂 🙂

Sebetulnya aku pusing dengan banyaknya tugas yang harus aku jalani. Aku mengajar, koreksi hasil pekerjaan siswa, aku membuat laporan keuangan komite, mengambil uang komite di bank jika ada surat permintaan pengambilan uang dari bendahara sekolah (dan ini hampir 2 hari sekali), mengurusi administrasi keuangan kegiatan Diklat, ikut mendampingi kegiatan peserta Diklat sampai mereka pulang jam 5 sore (yang ini sebenarnya gantian dengan 2 orang temanku lainnya, tapi aku hampir setiap hari pulang sampai sore 😦 😦 😦 ). Aku sama sekali tidak punya waktu untuk merajut ataupun membaca buku. Sampai rumah sudah capek, bahkan di hari libur pun aku masih merasa capek dan nggak kepingin ngapa-ngapain lagi.

Kalaupun lagi kepingin baca, paling aku cuma baca-baca blog di HP sambil tiduran. Dan suatu hari ketika aku sedang blogwalking, aku menemukan sebuah travel blog yang lumayan bisa bikin kepingin piknik, walaupun lokasi yang dibahas di blog itu adalah tempat yang sudah berkali-kali aku kunjungi, yaitu Yogyakarta. Ada banyak sekali lokasi di Yogya yang bisa dieksplor, yang belum pernah aku datangi. Membaca blog itu, ingin rasanya aku berkunjung ke Yogya lagi. (Oh ya, ngomong-ngomong tentang Yogya, aku akan ada acara bulan depan di sana, jika tidak ada perubahan, waktunya tanggal 8-10 Mei, Bimtek Pendampingan Pendidikan Karakter di hotel UNY. Alhamdulillah aku lolos seleksi tahap awal lomba Karbang yang diadakan Dirjen GTK melalui web kesharlindungdikmen.id. Masih ada beberapa tahapan lagi yang harus kulalui, wish me luck.)

Kembali ke ceritaku ketika blogwalking di atas : Blog itu, walaupun penampakannya adalah travel blog, tapi rupanya dalam setiap tulisannya, bertebaran iklan di sana-sini, bikin agak sedikit nggak nyaman bacanya. Terutama iklan hotel. Di setiap tulisannya, nama hotel itu disebut. Ditambah dengan pujian semacam “Di sini nyaman banget, menunya komplit banget, enak-enak semuanya”. Ih, norak banget. Dimana-mana hotel mahal ya kayak gitu. Setelah membaca beberapa judul postingan, lama-lama aku jadi sebel. Hotel itu dan segala fasilitasnya disebut-sebut lagi. Tempat-tempat makan, lokasi-lokasi bagus direkomendasikan untuk dikunjungi. Cukup membantu buat orang yang lagi cari referensi sebenarnya, tapi tidak buatku.

Mungkin aku yang jealous, atau aku yang sedang terlalu banyak pikiran dengan segala urusan pekerjaan, aku jadi membanding-bandingkan blogku dengan blog itu. Enak banget dia ya, seluruh isi postingannya tentang jalan-jalan, makan-makan, udah gitu dia dibayar pula sama hotelnya, sama rumah makannya… sedangkan blogku ? Apa yang bisa aku rekomendasikan? Bakalan lucu banget kalau aku tulis “Obat Doxorubicin dan Brexel ini hebat banget deh, keren banget, bisa bikin sakit kankerku sembuh lho…” atau gini “Obat Herceptin ini mujarab banget lho, untuk pasien dengan Her2 +++” Lalu aku bayangkan aku dapat uang dari produsen obat itu (wkwkwkwkwkw… 🙂 🙂 🙂 LOL). Atau misalnya aku nulis gini “Dokter K atau dokter A ini hebat banget lho, sabar, pinter banget, jadi kalau pembaca blog ini harus ke poli Tulip pilih  dokternya beliau aja” 🙂 🙂 🙂 Padahal beliau dokter A dan dokter K tiap harinya udah kebanjiran pasien, udah full banget tanpa perlu aku iklankan. Orang kalo baca iklanku yang kayak gitu pasti dikira aku ini sakit jiwa 🙂 🙂 🙂 . Beginilah nasib blog cancer patient. Isinya melulu tentang keluh-kesah, cemas, khawatir, jauh dari model travel blog. Tapi aku nggak mungkin mengubah blog ku jadi travel blog, karena aku jarang banget travelling… mana mungkin aku dibayarin pabrik obat buat travelling around the world (kepingin…. 🙂 🙂 :)).

Oh sudahlah. Berhentilah bermimpi. Sudah terlalu banyak mimpi-mimpiku selama ini yang belum juga menjadi kenyataan. But maybe I’m a dreamer, my dreams are always there, hide on a place somewhere in my mind. Recently I’m dreaming about having a log cabin in the woods, in the middle of nowhere. A place where I can forget my daily routine. I hope one day this dream will come true. Mungkin sampai disini saja dulu random thought yang kutuliskan menjadi postingan tak bermakna kali ini.

One Comment on “Random Thought”

  1. […] dan Tenaga Kependidikan. Aku pernah tuliskan sekilas tentang kegiatan Bimtek Karbang ini di sini : https://failasufah01.wordpress.com/2017/04/14/random-thought/ Alhamdulillah aku terpilih menjadi salah satu finalis. Mohon doanya supaya aku berhasil melalui […]


Leave a Reply

