My Latest Adventure

I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

Because life is an adventure

Dear readers, lama sekali aku tak menuliskan apapun di blog ini. Rasanya sibuk, dan sibuk terus. Pulang sekolah sudah sore, di rumah sudah capek, nggak sempat buka laptop lagi. Tapi sekarang, saat ini, aku sedang tidak terlalu sibuk, jadi aku akan menuliskan sesuatu disini.

Sebenarnya, aku menuliskan ini dari suatu tempat yang jauh dari rumahku. Amat jauh. Saat ini, ketika mengetikkan ini, aku sedang duduk di ruang tunggu di bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Aku sedang menunggu pesawat yang akan membawaku pulang dari Makassar ke Yogya, kemudian dari Yogya disambung naik bis ke Cilacap.

Aku berangkat ke Makassar tiga hari yang lalu, mengikuti kegiatan rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh LP3TK KPTK Gowa. Kedatanganku ke Makassar bersama tiga orang temanku, yaitu ibu Kepsek, dua orang Waka dan aku sendiri. Entahlah, kupikir aku sangat beruntung bisa terpilih untuk mendampingi teman-teman berangkat ke Makassar. Ini memang kegiatan dalam rangka pekerjaan.Kami berempat mendapat undangan dari LP3TK Gowa Makassar karena sekolah kami merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk menjadi PB (Pusat Belajar) untuk Guru Program Keahlian Ganda Multimedia.

IMG_20170309_091906

Rupanya Allah telah mengabulkan doaku, bahwa pada suatu hari nanti aku ingin menginjakkan kaki di pulau Sulawesi, setelah pulau Sumatra (you can read at https://failasufah01.wordpress.com/2014/10/15/kenang-kenangan-dari-palembang/). Hotel Singgasana, nama hotel yang kutempati di Makassar kebetulan berada cukup dekat dengan Pantai Losari dan Fort Rotterdam. Aku sempat jalan-jalan pagi ke pantai Losari. Tapi karena aku sendiri berasal dari daerah pantai, maka keindahan Pantai Losari bagiku terasa biasa-biasa saja. Berbeda sekali dengan benteng Fort Rotterdam. Aku yang sangat menyukai bangunan kuno, merasa ingin sekali berlama-lama berada di situ. I was so excited. And childish. I walk everywhere here and there, kadang-kadang berlari kecil, just like a child who find a new toy. I feel like I just found a treasure.

IMG-20170310-WA0024

Tak bosan-bosannya aku memandangi bangunan-bangunan kuno yang ada di sana. Memotretnya. Tapi sayang, foto-foto yang kuambil seberapapun banyaknya, tak akan mampu memindahkan seluruh keindahan dan nuansa kuno yang kurasakan saat berada di sana. Saat itu sore hari, cuaca cerah,bangunan-bangunan kuno menjulang tinggi, dengan taman-taman di depannya. Bagiku yang berada di sana pada saat itu, semua tampak begitu indah.

Sungguh, setelah tiga hari berada di kota Makassar ini, kenangan yang terindah bagiku adalah suatu sore di benteng Rotterdam. Tentang kedatanganku pada suatu sore yang sempurna, tentang bangunan-bangunan kuno, taman-taman, halaman rumput, pohon-pohon yang terawat, segala yang ada di sana, semuanya bagiku amat mempesona.

Sebelum pulang kembali ke bandara siang ini, aku sempatkan lagi mengunjungi Benteng Rotterdam untuk terakhir kalinya. Sebetulnya aku hanya punya waktu 1 jam setelah check out untuk pulang. Jam satu siang aku check out, jam dua kami harus berangkat ke bandara. Tapi karena jaraknya dekat, aku nekat naik becak ke Benteng Rotterdam. Aku ingin melihatnya untuk terakhir kalinya. Sayang sekali aku hanya bisa berada disana sebentar sekali, hanya sekitar 25 menit, karena seorang temanku (Bapak-bapak, takut ketinggalan pesawat 😦 )menelponku suruh kembali ke hotel, katanya takut macet kalau jam 2 belum berangkat ke Bandara. Akhirnya aku pulang, padahal masih sekitar 20 menit sebelum jam 2. Dalam hati aku sangat berharap agar suatu saat aku bisa kembali lagi ke sini, mengunjungi benteng Rotterdam dalam waktu yang jauh lebih lama, selama yang aku suka. Sometimes I wonder, perasaanku, kecintaanku terhadap bangunan-bangunan kuno terkadang mengherankan. (You can read at https://failasufah01.wordpress.com/2011/05/31/pesona-rumah-kuno/)

IMG-20170310-WA0018

Ketika menyusuri jalan-jalan di kota Makassar ini, aku teringat kutipan di atas itu, tentang “I want to live my life to the absolute fullest. To travel roads not taken”. Menyusuri jalan-jalan yang belum pernah kulewati sebelumnya. Aku bersyukur telah mendapatkan kesempatan ini dalam hidupku.I hope it will enrich my experiences. I hope one day, Allah will give me another experiences to see another beautiful historical place, in another island maybe, or another continent. Amin.

(Foto-foto lainnya di benteng Rotterdam akan aku posting lain kali)

One Comment on “My Latest Adventure”


Leave a Reply

