Bone Survey (I Mean “Photo Session” :))

Guess what I have done today ? Ya, hari ini (23 September 2015) aku check up di Yogya lagi, di RSUP Sardjito. Jangan bosan ya… dengan ceritaku seputar check up mencheck up🙂. Sebetulnya aku berangkat dari Cilacap hari selasa sore jam 4, sampai di rumah ibu mertua di Klaten jam11 malam. Lalu paginya dari Klaten berangkat jam 6 ke Yogya, sampai di Yogya sekitar jam 07.30. Langsung menuju laboratorium Patologi Klinik. Masih pagi, jadi dapat antrian no 14. Sekitar jam 08.30 aku dipanggil masuk ruangan pengambilan sampel darah.

Selesai dari lab Patologi Klinik, aku menuju ke Poli Radiologi. Tapi ternyata, bagian pendaftarannya masih tutup ! Padahal sudah jam 09.00 wib lewat beberapa menit. Tapi memang, hari ini sebagian orang sudah merayakan hari raya Idul Adha. Jadi mungkin para karyawan di bagian pendaftaran itu tadi pagi baru shalat Idul Adha sehingga jadwal kedatangannya mundur sedikit. Pasien sudah banyak banget berkumpul di depan loket pendaftaran.Tempat duduk di situ penuh, dan yang tidak dapat tempat duduk, mereka berdiri di depan loket dan di depan ruang-ruang sekitar loket.  Setelah menunggu agak lama (karena pasiennya emang banyak banget dan “being a patient is have to be patient” bukan ?) namaku dipanggil, lalu diberi berkas untuk dibawa ke ruang tes (bukan ruang ujian, tapi :)).

Tes pertama adalah di ruang 3 tempat rontgen. Kalau dulu-dulu di tempat rontgen aku hanya menjalani rontgen thorax aja, tadi itu aku menjalani semacam sesi pemotretan (berasa kayak model🙂🙂 :)). Sungguh aku jadi kepingin ketawa kalo  inget tulisannya  Mbak Sima di blognya yang dia ceritakan dengan lucu tentang sesi pemotretan yang dijalaninya di poli radiologi RS Dharmais. Mbak Sima itu orangnya lucu banget, aku inget dulu Mbak Sima bilang gimana. Jadi pas sesi pemotretan itu berlangsung, sambil berbaring di meja alat rontgen itu aku hampir aja kelepasan ketawa. Tapi untung masih bisa kutahan, nggak aku tau apa jadinya kalau aku beneran ketawa karena Mbak petugas rontgennya itu jutek banget. Cantik sih, tapi judes. “Cepetan bu, banyak pasien lain yang nunggu dirontgen juga” gitu katanya waktu menyuruh aku naik meja itu, padahal aku masih sibuk melepas perhiasan dan karet rambut🙂🙂. “Jangan bergerak bu. Sudah diposisikan begini jangan gerak-gerak” katanya beberapa kali dengan sikap judes. Gak papalah, asal acara kali ini berlangsung dengan sukses, aku menurut saja berbaring diam tak bergerak selama sekitar 10-15 menit.  Mbak petugasnya sibuk mengatur posisi lampu (atau kamera kalii…) di atasku.

Rupanya, aku sedang menjalani apa yang disebut ”bone survey”.  Jadi seluruh tubuhku di rontgen. Mulai dari kepala, leher, dada, perut atas, perut bawah, kaki (terdiri dari 3 bagian), bahu, lengan atas dan lengan bawah. Bener-bener dari ujung kepala sampai ujung kaki. Aku hitung kira-kira aku dipotret sebanyak 14 kali. Berasa jadi model dadakan🙂🙂 Aku nggak menyangka bahwa pada akhirnya aku akan menjalani tes ini, tes yang pernah dijalani oleh Mbak Sima, yang  pernah kubaca di blog nya. Sempat ada sedikit rasa ngeri dan khawatir dengan hasilnya besok Jumat. Tapi, ketika aku ingat kembali tulisan Mbak Sima, aku malah jadi kepingin ketawa.

Bener yang Mbak Sima bilang. Rasanya ini seperti bukan tes imaging. Ini seperti sesi pemotretan. Walaupun sedikit ngeri jika membayangkan jangan-jangan hasilnya menampakkan ada massa di tulangku (Oh No!!!!). Tapi ketika di USG setelah rontgen, Mbak residennya bilang kalau penampakannya baik. “Untuk sementara aman kok bu”, begitu katanya  :). Tinggal nunggu hasil cek darah dan hasil bone survey nya ini nih…yang bikin deg-degan. Tak sabar rasanya menunggu hari Jumat pagi saat aku kembali ke RSUP Sardjito untuk mengambil hasil lab semuanya. Semoga saja hasilnya baik, normal semuanya. Amin…🙂

(Itu tulisan late post…kutulis pada hari H, baru bisa kuposting hari ini. Alhamdulillah, semua hasil lab pada hari itu hasilnya baik semua. Tidak ditemukan massa pada tulang ataupun metastase. Hasil USG juga sama. dan hasil Ca 15-3 ku masih berada pada angka normal. Alhamdulillah :))


2 Comments on “Bone Survey (I Mean “Photo Session” :))”

  1. Halo mbaa..
    Salam kenal…
    Senang berkunjung ke blog mba. Apalagi saya juga sesama survivor kanker.

    Semangat terus ya mba

    • Failasufah says:

      Halo juga Mbak Yuni…Salam kenal kembali… Senang sekali bisa kenal Mbak Yuni juga…🙂🙂
      Iya Mbak kita harus tetap semangat dan positif thinking terus ya…🙂


Leave a Reply

