Alhamdulillah, Whatever Happen

Dear readers, masih ingatkah anda dengan postinganku yang dulu : https://failasufah01.wordpress.com/2013/12/09/akreditasinya-kapan/ ? Setelah sekian lama mempersiapkan banyak dokumen (ada 185 instrumen akreditasi SMK), menghabiskan waktu di sekolah sampai sore, mengeluarkan banyak biaya, menghabiskan energi, tenaga dan pikiran😦 membuat galau berhari-hari, bahkan berbulan-bulan😦 eh… ternyata… akreditasi tidak jadi diselenggarakan tahun ini ! 

Judul postinganku yang dulu itu sebetulnya masih relevan, judulnya kan Akreditasinya Kapan ? Pas banget, karena sampai sekarang masih belum jelas kapan. Mungkin tahun depan, atau tahun depannya lagi. Informasi yang kuperoleh dari waka Kurikulum, sekolah yang diakreditasi pada tahun lalu dan tahun ini adalah sekolah-sekolah yang baru berdiri, yang belum pernah diakreditasi, atau sekolah yang membuka jurusan baru, yang jurusan itu belum pernah diakreditasi. Penyebabnya adalah keterbatasan dana dari pemerintah. Info dari Dindikprov, sebenarnya semua sekolah yang masa akreditasinya habis, sudah didaftarkan semua ke Badan Akreditasi Nasional. Tapi tidak semua sekolah disetujui untuk diakreditasi tahun ini. Kecuali nanti kalau ada anggaran perubahan.

Karena sekolahku tidak termasuk kategori di atas, maka sekolahku tidak termasuk dalam kuota sekolah yang harus segera diakreditasi. Awalnya, ketika mendengar info itu, rasanya…gimana…gitu😦 Terbayang hari-hari ketika lembur di sekolah sampai sore-sore, terbayang ketika dua kali dilaksanakan simulasi akreditasi oleh pengawas sekolah, betapa banyak instrumen yang harus disiapkan, ditambah dan diperbaiki. Berapa banyak energi, tenaga, pikiran dan biaya yang sudah terkuras. Bayangkan, kami para Ketua Kompetensi Keahlian (dari 4 kompetensi keahlian) sudah mendaftar sejak akhir 2012 ! dan sejak saat itu tidak bisa bersantai-santai,selalu memikirkan dan mencicil pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan akreditasi. Under pressure, lagi. Harus dapat nilai A, nilainya harus naik dari akreditasi tahun lalu, adalah pressure yang bisa bikin stress😦😦

Honestly, kami para K3, sangat kecewa dengan tidak jadi dilaksanakan akreditasi di sekolah kami. But whatever, akhirnya kami bisa menerima bahwa mungkin ini adalah hal yang terbaik yang harus terjadi.Lupakan sejenak dokumen-dokumen itu. Kembali fokus mengajar di kelas, starting a new school year, with a smile and a new spirit. So, alhamdulillah, whatever happen.

Sejujurnya, aku sempat amat khawatir jika penyelenggaraan akreditasi jadi dilaksanakan tahun ini, yang dulu kabarnya mungkin di bulan Agustus atau September. Karena tanggal 18 sampai 24 Agustus 2014 aku berada di Palembang, mendampingi siswa ku yang maju Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional. Jadi seminggu aku tidak dapat bekerja untuk mempersiapkan akreditasi. Bisa dipastikan, betapa paniknya diriku jika itu terjadi😦. Syukurlah ternyata tidak jadi. So, alhamdulillah, thank you Allah, for everything happen to me🙂. 



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s