LKG (Lomba Kompetensi Guru)

 

para juara

Dear readers, perkenalkan, foto di atas adalah teman-temanku, para juara Lomba Kompetensi Guru Tingkat Propinsi untuk Mata Lomba Accounting. Dari kiri ke kanan : Juara 1 Pak Amin Purwono, S.Pd dari SMK Negeri 1 Banyumas, Juara 2 Bu Eliana Dwi Kurnia, S.Pd dari SMK PGRI Batang, dan Juara 3 Bu Ayu Firdhi Hapsari, S.Pd dari SMK Negeri 1 Slawi.

Lomba Kompetensi Guru Tingkat Propinsi hanya ada di Propinsi Jawa Tengah. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang kedua kalinya, dan dilaksanakan pada bulan April lalu, tanggal 26 sampai tanggal 29. Para pesertanya adalah para guru akuntansi SMK, perwakilan dari masing-masing kabupaten. Di tingkat kabupaten, ada yang diseleksi melalui lomba, banyak juga yang langsung ditunjuk untuk mewakili kabupaten di tingkat propinsi, seperti aku. Hanya seminggu sebelum hari pelaksanaan, aku diberitahu untuk ikut lomba itu. Nggak berani nolak, akhirnya aku berangkat juga ke Semarang. Mata lomba LKG ini terdiri dari : Pemesinan, Otomotif, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Listrik, IT dan Akuntansi.

dikjur 3

Hari Sabtu, tanggal 26 April 2014, acaranya adalah registrasi calon peserta. Berangkat dari Cilacap jam 06.30 WIB, aku sampai di Semarang , di BP Dikjur, jam 15.00 WIB. Ke asrama dulu, lalu registrasi, dilanjutkan dengan teknikal meeting. Malamnya acara pembukaan dilaksanakan di aula.

dikjur 1

Hari Minggu, tanggal 27 April 2014, jadwalnya adalah pelaksanaan lomba, Praktek Akuntansi Manual dan Akuntansi Komputer dengan software MYOB versi 18Ed, dimulai dari jam 07.00 WIB pagi sampai malam jam 19.30 WIB. Capek banget.

Hari Senin, tanggal 28 April 2014, adalah lomba hari kedua dengan materi lomba Wawancara seputar kasus dan praktek akuntansi di perusahaan, dan Teori Akuntansi. Lomba hari kedua berakhir jam 14.00WIB.

Hari Selasa, tanggal 29 April adalah acara penutupan lomba sekaligus pengumuman pemenang. Alhamdulillah aku berada di peringkat ke 5 dari 34 peserta. Menyesal juga sebenarnya, aku kurang mempersiapkan diri dengan baik menjelang lomba, dan kurang teliti ketika mengerjakan soal Akuntansi Komputer sehingga ada satu transaksi penyesuaian yang belum aku entry. Padahal kalo bisa masuk peringkat 3 besar, hadiahnya lumayan banget lho…🙂 Juara 1 dapat 10 juta, juara 2 dapat 7,5 juta dan juara 3 dapat 5 juta. Banyak kan hadiahnya ? tapi sayangnya, emang bukan rejekiku😦 . Acara penutupan hari itu dimulai pukul 09.00 WIB berakhir pukul 12.00 WIB. Jam 13.00 WIB aku langsung pulang ke Cilacap.

Tahun depan, aku tidak tahu apakah aku masih bisa ikut lomba itu lagi atau tidak, setidaknya untuk memperbaiki peringkat. Syukur kalau bisa masuk 3 besar🙂 (Maunya….  :) Bisa jadi, tahun depan yang diminta untuk mewakili kabupaten adalah darisekolah lain, gantian. Atau mungkin tahun depan lomba seperti ini dilaksanakan juga di tingkat kabupaten, jadi guru yang lulus seleksi lah yang bisa maju di tingkat propinsi.

Bagaimanapun, aku sangat bersyukur bisa ikut lomba itu kemarin, bisa menambah pengalaman, bisa menambah ilmu dan bisa sharing bersama teman-teman se Jawa Tengah. Apapun hasilnya, adalah yang terbaik untukku🙂 Semoga suatu saat aku bisa ke BP Dikjur lagi🙂 Amin🙂

 


3 Comments on “LKG (Lomba Kompetensi Guru)”

  1. Felicity says:

    Mbak, dirimu guru SMK ya? Kerennnn….🙂 Peringkat 5 dari 34 di tingkat provinsi itu bagus banget loh….selamat ya…. moga2x next time bisa masuk 3 besar…aminnnn🙂

    • Failasufah says:

      Iya Mbak… Tapi guru SMK nggak bisa travelling around the world Mbak…😦 Kerenan Mbak Feli dong…🙂 Amin… terimakasih doanya Mbak…🙂

      • Felicity says:

        Guru itu betul2x pahlawan tanpa tanda jasa, sampai sekarang saya masih inget guru2x (termasuk jaman SD) yang berkesan… Saya saya yakin anak murid mbak juga pasti ada yang bakalan inget terus deh sampai puluhan tahun ke depan.

        BTW, ada loh beasiswa buat guru…. coba aja gugel dengan keyword ‘beasiswa guru’… Kalau untuk jalur beasiswa biasa pun guru biasanya juga jadi nilai tambah loh mbak….. DImana ada kemauan, di situ ada jalan…. Good luck!🙂


Leave a Reply

