Akreditasinya KAPAN ?

Sudah berbulan-bulan aku dan teman-teman mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk akreditasi sekolah (yang diulang setiap 5 tahun). Sampai nggak sempat ngeblog. Instrumen akreditasi itu jumlahnya ada 185, dan kami harus menyediakan semuanya itu, lengkap. Sampai hampir setiap hari pulang jam 5 sore, dari senin sampai sabtu. Sampai rasanya udah nggak feeling tired lagi, but so exhausted.

Informasi awal, kata Kepsek akreditasi dilaksanakan bulan Juli. Kami semua, teman satu ruangan sesama K3 (Kepala Kompetensi Keahlian) sudah hiruk pikuk menyiapkan dokumen-dokumen. Eh, ternyata diundur, katanya bulan September. Lalu ada juga kegiatan checking dokumen akreditasi oleh pengawas sekolah SMK. Kembali lagi kami hiruk pikuk menyiapkan segala macam dokumen itu.

Setelah pengawas mengecek, ternyata masih banyak dokumen yang harus diperbaiki, belum lengkap, tidak sesuai dengan yang diminta, dan sebagainya. Dan katanya lagi, jadwal akreditasinya mundur lagi, belum jelas kapan. Oke, berarti kan masih ada waktu untuk melengkapi lagi semua berkas-berkas akreditasi yang diminta, dan membetulkan yang salah-salah. Kembali kami berempat dibantu staf masing-masing mencoba untuk melengkapi semua dokumen. Hiruk pikuk di ruang K3 yang sempit, yang penuh box-box plastik berisi dokumen-dokumen yang dimasukkan ke map-map plastik.

Lalu, setelah lewat beberapa minggu, kembali diadakan checking dokumen oleh pengawas SMK, seperti sebelumnya. Dari hasil checking, eh, masih ada juga yang belum lengkap, belum betul dan kurang sempurna. Haduh….aku rasanya udah feeling exhausted banget… pingin berlibur, pingin bisa bersantai sejenak melupakan beban pekerjaan…tapi mana mungkin…akreditasi ada di depan mata. Rasanya sebel banget. Lalu beredar kabar lagi, katanya akreditasi dilaksanakan bulan November. Kami berempat (yang akreditasi itu Kompetensi Keahlian Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran dan Usaha Perjalanan Wisata) dibantu teman-teman staf kembali hiruk pikuk menyiapkan yang kurang-kurang, melengkapi berkas dan lain-lain.

Haduh, capek banget deh. Capek dan pegel fisik dan psikis, karena apa coba tebak ? Karena di tempat kerjaku itu, yang kerja ya bener-benar kerja capek mengerahkan tenaga pikiran dan waktu, yang enggak ya enggak ngapa-ngapain tuh😦 heran banget. Sudah diumumkan, tim akreditasi Akuntansi, orangnya A, B, C dan D, tapi karena ada orang – orang yang merasa senior, yang IV A, yang tidak berhak diperintah oleh anak kemarin sore yang baru IIIC, dia nggak mau ngapa-ngapain tuh. Dan aku juga nggak mau nyuruh-nyuruh atau bahasa halusnya “minta tolong” daripada nanti sakit hati sendiri mendengar jawaban beliau-beliau. Kalau di sekolah-sekolah lain, yang aku dengar dari teman, 185 item instrumen itu dibagikan kepada semua guru, masing-masing orang menyiapkan 1 dokumen yang lengkap, dan menyetorkannya ke K3. Lah ini, disini K3 sendirian menyiapkan 185 item ini. Padahal aku sudah usul, gimana kalo beban kerjanya dibagi-bagi. Tapi nggak ada respon tuh. Ya jelas aja karena mereka semua menganggap kalo akreditasi itu semua tugasnya K3.

Dan sampai hari ini….ternyata akreditasi yang sudah kami tunggu-tunggu itu, belum juga terjadi. Belum ada asesor datang untuk menilai, bahkan belum jelas jadwalnya kapan. Aneh banget kan ? Ketika ditanyakan ke Dinas pun, mereka belum tahu pastinya kapan. Jadi, terus gimana ? Akhirnya aku dan teman-teman menghentikan sementara kegiatan melengkapi dokumen. Karena masih banyak pekerjaan lain menunggu. Mengajar, ulangan, koreksi hasil ulangan, memproses nilai dan lain-lain.

Padahal, dalam rangka kegiatan menyiapkan akreditasi itu, aku sampai berkali-kali menolak tugas yang diberikan oleh LSP Teknisi Akuntansi. Tugas pertama, aku diminta mengasses ke SMKN 1 Kebumen. Tapi sayangnya, waktunya bertepatan dengan checking akreditasi oleh pengawas. Aku bilang aku tidak bisa. Lalu aku ditelpon lagi, diminta mengasses di SMKN 1 Temanggung. Waktu itu aku jawab tidak bisa juga karena temuan dari chreking akreditasi pertama kemarin banyak sekali. Lalu setelah lewat beberapa minggu, ada lagi tawaran mengasses di Semarang, lupa kalo nggak di SMKN 1 di SMKN 2. Aku bilang lagi, maaf, aku nggak bisa, baru ada checking akreditasi kedua dan masih banyak yang harus diperbaiki lagi. Sudahlah. Memang bukan rejekiku untuk menjadi asesor tahun ini. Dan hari ini…kegiatan Ulangan Umum Semester sedang berlangsung. And I really miss my blog, so I write down here.


2 Comments on “Akreditasinya KAPAN ?”

  1. Asi says:

    Semangat ibu,,semoga kerja kerasnya mendapat ganti yang terbaik dari Allah SWT
    *Pusing juga ya jadi guru ya bu? >.<

  2. […] postinganku yang dulu itu sebetulnya masih relevan, judulnya kan Akreditasinya Kapan ? Pas banget, karena sampai sekarang masih belum jelas kapan. Mungkin tahun depan, atau tahun […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s