LKS Lagi…. (Lagi-lagi LKS)

LOGO LKS 2013

Agenda tahunan yang bikin deg-degan itu datang lagi. Yang aku maksud adalah LKS (Lomba Kompetensi Siswa… bukan Lembar Kerja Siswa :)). (Hampir setiap tahun aku menuliskan postingan tentang ini, semoga yang membaca tidak bosan :)). Soalnya memang kalau mengikuti hati dan perasaan, kegiatan ini bisa bikin stress ( :() terutama yang di tingkat kabupaten. (Yang di tingkat propinsi juga :() Masalahnya, di tingkat kabupaten untuk SMK 1, jurusan yang menjadi tanggung jawabku sekarang (Kompetensi Keahlian Akuntansi) sebelumnya selalu jadi juara 1. Jadi mau tidak mau aku harus bisa mempertahankan prestasi itu. Apa kata dunia kalau sampai SMK 1 ternyata bukan juara 1, kalah sama sekolah negeri yang lain (Sekarang sudah ada 2 SMK Negeri lain di bidang Bisman) apalagi kalau sampai kalah dengan SMK swasta.

Tapi syukur alhamdulillah… pada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa di tingkat kabupaten, Maria Febriana, siswa yang menjadi wakil dari sekolahku, berhasil menjadi Juara 1. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei lalu, bertempat di SMK YPE Cilacap, dengan Juri Pak Didiek Soesilo Tamtomo, SE, MSi, Akt beserta tim dari Polines (beliau adalah dosen Polines yang merupakan teman baik bagi guru-guru Akuntansi SMK se Jawa Tengah). Lomba ini berjalan dengan fair, jujur dan adil. Dan semua peserta puas dengan hasil yang diperoleh, juga puas dengan kinerja juri yang profesional (Pak Didiek biasa jadi juri LKS di mana-mana :)).

Jadi, karena menjadi juara 1, maka Maria berhak maju ke Lomba yang sama di tingkat propinsi, dengan tingkat kesulitan soal yang lebih rumit dan waktu mengerjakan yang sudah ditentukan. Materi lomba terdiri atas Siklus Akuntansi Manual, Siklus Akuntansi Komputer (dengan software MYOB ), teori akuntansi dan presentasi materi akuntansi dengan bahasa Inggris (beserta tanya jawab). Lomba di tingkat propinsi ini juga membuat deg-degan, karena tahun lalu kami berhasil menjadi juara 3, sehingga tahun ini paling tidak kami harus bisa mempertahankan prestasi itu.

Jadi sejak beberapa hari ini aku dan teman-teman pulangnya sore terus, selain mengajar di kelas sesuai jadwal, juga harus memberikan pembekalan kepada Maria. Kalau aku, masih ditambah harus mempersiapkan segala dokumen yang akan ditanyakan besok saat akreditasi. Karena September ini, adalah jadwal akreditasi sekolah untuk 4 kompetensi keahlian.

Sungguh, tahun depan aku nggak mau lagi jadi ketua kompetensi keahlian. Tahun ini adalah tahun terakhirku. Masa jabatan 3 tahun sudah kulalui dan akan berakhir Juni tahun depan. Setelah ini aku akan berhenti, aku akan minta ijin ke Kepala Sekolahku. Aku akan minta untuk menjadi guru biasa saja, atau mungkin wali kelas saja. Tidak wali kelas juga tidak apa-apa. Soalnya, kalau diteruskan, aku khawatir kankerku bisa kambuh lagi. Ternyata menjadi Kepala Kompetensi Keahlian itu tingkat stressnya cukup tinggi😦.

Hanya saja, sayangnya, ketika aku menyampaikan keinginanku itu kepada 4 orang temanku yang menjadi guru Produktif Akuntansi, tidak ada yang mau menggantikan tempatku. Tapi bagaimanapun, aku tetap akan berhenti menjadi K3 Juni besok.

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) untuk mata lomba Accounting tingkat propinsi akan diselenggarakan pada tanggal 16 sampai 18 September 2013, bertempat di SMK Negeri 1 Banyumas. Tanggal 16 Sept itu acaranya registrasi, technical meeting dan pembukaan. Tanggal 17 Lomba Akuntansi manual dan komputer, lalu tanggal 18 nya teori akuntansi dan presentasi, dilanjutkan dengan acara penutupan pada malam harinya, di UMP Purwokerto. Jadi, bila anda adalah salah seorang pendamping siswa peserta lomba, mungkin kita akan bertemu di SMK N 1 Banyumas besok🙂


One Comment on “LKS Lagi…. (Lagi-lagi LKS)”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s