My Work Is Not Yet Done :(

Ketika pekerjaan menumpuk…apa yang bisa dilakukan ? Seperti yang aku alami sekarang, ada beberapa pekerjaan yang harus segera diselesaikan dalam waktu bersamaan. Yang pertama, membereskan administrasi mengajar di semester ini, untuk tiga unit kompetensi yang aku ajarkan. Yang kedua, menyiapkan segala sesuatunya untuk audit internal ISO, yang akan dimulai besok pagi. Besok pagi ! OMG, dan aku belum siapin apa-apa ! Cuma sempat cari data-data tahun lalu. Besok pagi aku harus siapkan semuanya. Nggak papalah, mendadak, baru audit internal ini🙂 . Yang ketiga, menyiapkan administrasi untuk kegiatan diklat MYOB yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 10-12 September besok. Masih lumayan lama sebenarnya, tapi yang harus dipersiapkan lumayan banyak juga. Menyusun panduan diklat, menyusun bahan ajar dan bahan tayang, menyiapkan soal praktek sekaligus kunci jawabannya. Membuat surat undangan untuk peserta dan para pejabat terkait yang terlibat dalam kegiatan itu dan lain-lain dan sebagainya. Yang keempat…mempersiapkan diri untuk menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru), mencari bahan dan materi yang sesuai dengan kisi-kisi soal, lalu mempelajarinya… jangan sampai nanti dapat nilai jelek, malu dong. Pekerjaan berikutnya yang kelima…mempersiapkan diri untuk menghadapi PKG (Penilaian Kinerja Guru), beserta seluruh instrumen yang dibutuhkan untuk kegiatan itu. Capedeh…😦

Mungkin, yang sebaiknya dilakukan adalah mencoba menyelesaikan semua pekerjaan itu satu demi satu, berdasarkan urutan tenggat waktunya, dengan sebaik-baiknya. Diantara waktu mengajar tentu saja, kalau pas jam kosong. Nggak bisa kan, kalau mengajar sambil mengerjakan itu semua ? Mestinya, aku bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin diantara jam-jam kosong itu.

Tapi, apa yang terjadi, bila diantara jam-jam kosong itu, malah banyak undangan rapat yang harus dihadiri ? Rupanya diantara pekerjaan ketua kompetensi keahlian di SMK, selain hal-hal diatas yang sudah banyak itu, masih ditambah satu lagi yaitu rapat. Seperti minggu-minggu ini, ada rapat pembagian tugas, rapat pemantapan pembagian tugas (aneh ya ?), rapat pembukaan audit internal, rapat monitoring Prakerin, rapat kepanitiaan silaturahmi, rapat membahas tabungan siswa…ya ampun…nggak ada berhentinya daftar rapat-rapat itu. Beberapa mungkin penting, tapi dalam beberapa rapat itu kan aku cuma duduk diam jadi pendengar setia saja….🙂 (kalau ditanya, baru ngomong…🙂 )Aku bayangkan, berapa banyak pekerjaan yang bisa kuselesaikan bila aku menggunakan waktu yang digunakan di rapat-rapat yang kuikuti itu ? Lumayan banget kan ?

Tapi ya…dinikmati saja… disyukuri, masih bisa kerja…masih punya pekerjaan… Ya kalau memang harus rapat ya datang saja…toh boleh rapat sambil bawa laptop… jadi kadang-kadang, aku rapat sambil ngetik-ngetik, sambil dengerin orang-orang yang lagi pada ngomong di rapat (🙂 ) kayak kemarin waktu rapat pemantapan pembagian tugas dan rapat pembukaan audit internal. Tapi tidak di semua rapat aku berani begitu. Lihat-lihat sikon, lah… Soalnya sekarang ini aku berusaha untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah. Jadi sebisa mungkin, semuanya kuselesaikan di sekolah. Kalo di rumah untuk ngeblog aja deh… sama nemani Nayla main game online sambil nunggu buka puasa🙂



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s