7 April ku

Wah, judulnya ikut-ikutan Emil nih… temanku yang kemarin baru kasih judul “6 Aprilkoe” untuk postingan terakhirnya. Hari ini tanggal 7 April, adalah hari bersejarah buatku. Ya, sekarang aku punya hari bersejarah banyak banget… Ada hari ulang tahun kemo pertama (20 Oktober)…. ulang tahun radioterapi pertama (28 Maret)…… ulang tahun kemo terakhir (8 Feb, yang doxo)… Dan ada apa dengan tanggal 7 April ? Itu adalah hari ulang tahun kenal dengan tamoxifen. Tanggal 7 April tahun ini adalah genap setahun aku minum obat tamoxifen.

Rasanya baru kemarin, saat aku melangkahkan kaki ke poli tulip diantara jadwal radioterapi dan dengan sadar membawa diriku dalam suatu keputusan untuk “setiap hari minum obat, selama lima tahun” (apalagi namanya kalau bukan “menggantungkan diri ke dalam obat-obatan” :)) demi menjaga agar kankerku tidak kambuh lagi. Sepertinya baru kemarin aku menulis postingan berjudul https://failasufah01.wordpress.com/2011/04/09/minum-obat-lima-tahun/. Ternyata sudah setahun ini aku minum obat itu, dengan cukup disiplin ( :)).

“Menggantungkan diri ke dalam obat yang diresepkan”  (dan bukannya obat terlarang lho :)). Itulah yang aku pikirkan saat itu. Terpaksa. Terpaksa banget. Mana ada sih orang yang mau minum obat setiap hari…selama lima tahun…kecuali orang-orang pilihan ? (Cie… :)) Maksudnya orang-orang yang nggak punya pilihan lain, selain “Iya aja lah… daripada sakit lagi…”😦 Yang namanya obat itu sama dengan racun bukan sih ? Dan efek sampingnya ? (Alhamdulillah selama ini sepertinya efek samping tidak terjadi pada diriku) Lima tahun lho….😦 Walaupun aku tahu ada beberapa orang yang rutin mengkonsumsi tamoxifen, tapi kankernya tetap kambuh juga… kok bisa sih… ? Berarti sebenarnya nggak ada jaminan kan, kalau  kanker nggak akan muncul lagi…? (Hi…serem amat :()

Tapi aku akan jalani saja semuanya, masih ada empat tahun lagi yang harus kulewati. Setahun itu ternyata sebentar… jadi empat tahun berarti 4 x sebentar. Namanya juga usaha…🙂 And I believe miracles happen everyday🙂



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s