One Day, I’ll Be There (Again)

Suka atau tidak, aku tahu bahwa suatu hari nanti aku harus datang lagi ke RS Sardjito. Terakhir ke sana adalah September kemarin, sewaktu menyerahkan hasil cek lab, rontgen dan cek USG yang harus dilakukan enam bulan sekali. Mestinya sebulan sekali aku datang ke sana, tapi aku memutuskan untuk datang setiap enam bulan saja.

Sebenernya memang ada banyak alasan kenapa aku tidak datang sebulan sekali. Yang pertama, karena Yogya itu jauh dari Cilacap (Oh, ya ?🙂 ). Yang kedua, karena jauh, jadi bikin aku capek di perjalanan. (Manja banget sih… ? :)) Yang ketiga… kalo ke Yogya aku mesti harus persiapan banyaaak sekali…. bukan masalah persiapan uang sih… tapi menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi nanti selama di Sardjito.

Memangnya apa yang akan terjadi ? Oke, aku beritahu saja ya… Yang pertama, mungkin aku akan ketemu dengan perawat yang galak dan judes itu… atau dengan petugas resepsionis di poli tulip yang berambut pendek itu… yang juga galak dan judes. Jadi aku harus persiapan dulu, melapisi hatiku dengan lapisan anti sakit hati dan lapisan anti kecewa. Tidak lupa juga memakaikan lapisan sabar, berlapis-lapis, karena biasanya nunggu dokternya lamaaa…..banget. Lalu yang kedua, mungkin aku akan bertemu dengan para residen bedah yang itu… (ya, benar, yang itu) yang telah sukses membuatku menjadi paranoid setiap berada di ruang tunggu poli tulip.  Berikutnya yang ketiga…ini nih yang paling serem…aku akan ketemu dengan para pasien yang kankernya kambuh lagi setelah sekian tahun. Pasti ada saja jenis pasien yang seperti itu, yang kutemui. Pasti  ketika duduk di ruang tunggu, aku akan mendengar cerita-cerita yang semacam itu. Bikin aku jadi miris dan khawatir kalau hal itu juga akan menimpa diriku (Ya Rabb…tolong jangan…please…)

Dear readers, tahukah kalian, doa apa yang kupanjatkan setiap kali aku akan berangkat ke Yogya ? Yang pertama, biasa saja, tentu saja aku mohon agar selamat sampai tujuan, dan diberi kemudahan dan kelancaran dalam segala urusanku di Yogya. Yang kedua… aku berdoa agar tidak bertemu dengan satu orang pun dari para residen bedah yang itu (yang kulihat berada di ruang operasi dulu itu😦😦😦 ). Sayangnya, setiap berada di ruang tunggu poli tulip, aku punya feeling bahwa ada salah satu, atau salah dua, atau salah tiga diantara mereka, juga berada di sana. Kadang-kadang aku merasa mereka menatapku dengan tatapan aneh (Oh, I really hate them all !! :() Mereka semua benar-benar telah membuatku jadi paranoid. Semoga saja tidak terus berlanjut jadi gila (hiii…serem…😦😦 ) Soalnya aku tahu ada pasien ca mamae yang jadi stress dan gila setelah mastektomi dan kemo (kasihan banget ya…)

Jadi gitu deh, biasanya doaku yang kedua itu tidak terkabul. Begitu memasuki area rumah sakit, aku sangat merasa tidak nyaman melihat para residen yang jalan-jalan berseliweran. Belum pernah sekalipun aku datang ke sana tanpa ketemu residen. Ya jelas aja… kalo ke Sardjito ya konsekuensinya mesti ketemu mereka itu… Mendingan ke pasar beringharjo aja kali…pasti disana nggak ada residen.🙂

Seperti kukatakan tadi, suka atau tidak, one day I’ll be back to Yogya. Selama ini aku minta resep tamoxifen dari dokter di Cilacap. Praktis dan gampang banget, setelah mendaftar, cukup titip protokol terapi ke perawatnya. Setelah itu bisa ditinggal mengajar ke sekolah dulu. Setelah dua jam, baru datang lagi, langsung dikasih resepnya sama bu perawat. Apalagi perawatnya baik dan ramah, dulu beliau teman ibuku.

Dan tentang kemungkinan ketemu dengan dengan pasien-pasien yang kankernya kambuh lagi itu… kali ini aku nggak mau jadi terlalu khawatir deh. Kalau misalnya mereka cerita, aku akan dengerin aja sambil berdoa semoga hal yang sama tidak menimpaku, dan mendoakan mereka semoga sabar, tabah dan tegar menghadapi seluruh proses pengobatan. Aku sudah bertekad bahwa “Because this is my second life, I don’t want to fill it with anything to worry about.”🙂🙂


2 Comments on “One Day, I’ll Be There (Again)”

  1. gambarpacul says:

    tetep semangat ya La…


Leave a Reply

