It’s About My Busy Days (Halah :))

Dari judulnya kesannya kayak sok sibuk banget ya ? Lebay banget. Padahal sih cuma kerjaan biasa aja. Kebetulan aja di kegiatan UUS semester gasal ini aku dimasukkan sebagai anggota penyelenggara. Jadinya selama UUS dua minggu kemarin itu ya ngerjain kerjaan penyelenggara, bersama teman-teman satu tim.

Hanya saja, selama dua minggu kemarin itu, barengan sama UUS, ada beberapa pekerjaan yang harus aku bereskan juga. Yang pertama, membagi jam mengajar untuk 6 orang guru produktif akuntansi untuk semester genap besok. Yang kedua, membuat surat permohonan verifikasi ulang TUK (Tempat Uji Kompetensi) karena masa berlakunya sudah akan habis akhir Desember besok. Selain itu juga membuat laporan kegiatan TUK (Tempat Uji Kompetensi) sebagai syarat untuk verifikasi. Sekaligus mengirimkannya ke LSP Teknisi Akuntansi dan transfer biaya verifikasi ulang. Yang ketiga, menyiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan mengundang guru tamu dari Politeknik Negeri Semarang (Pak Didiek Susilo Tamtomo, SE, Akt, M.Si) yang dilaksanakan tanggal 10 Desember 2011. Yang keempat, menyusun proposal dan anggaran untuk kegiatan Uji Kompetensi LSP Teknisi Akuntansi yang rencananya akan dilaksanakan bulan Januari besok.

Semuanya itu dikerjakan dalam waktu dua minggu, diantara kegiatan menjadi penyelenggara UUS, ditambah dengan mengoreksi hasil pekerjaan teori produktif akuntansi (untungnya cuma dua kelas), menyiapkan daftar nilai untuk dua unit kompetensi yang kuajarkan, dan menyetorkannya ke wali kelas. Syukurlah semuanya itu telah selesai. Proposal uji kompetensi sudah di acc, kegiatan mengundang guru tamu yang memberikan materi Laporan Arus Kas juga sudah terselenggara dengan baik sabtu kemarin. Laporan Kegiatan TUK beserta surat permohonan verifikasi dan permohonan uji kompetensi sudah dikirim, uang juga sudah ditransfer. Daftar nilai sudah didistribusikan ke wali kelas masing-masing. Pembagian jam mengajar untuk masing-masing guru sudah selesai dibuat, sudah ditandatangani waka kurikulum juga.

Tapi, masih banyak juga pekerjaan lainnya… aku masih harus membagi jam pengayaan materi produktif untuk persiapan UN sejumlah 14 jam dalam seminggu pertama liburan besok, untuk 6 orang guru. Juga menyiapkan bahan dan materi untuk pengayaan. Selain itu masih juga harus membuat analisis soal UUS dan juga analisis nilai. Dan itu semua nggak mungkin bisa diselesaikan sesuai deadline, kalau hanya dikerjakan dengan waktu sesuai dengan jam kerja di sekolah, walaupun kadang-kadang aku pulang sampai sore. Bener deh, pekerjaan guru itu bener-bener nggak cuma di sekolah, tapi mesti harus dibawa pulang juga (walaupun sebenarnya kepala sekolahku berpesan kepada semuanya agar tidak membawa pulang pekerjaan sekolah karena bisa berpengaruh terhadap stabilitas rumah tangga, katanya :)). Makanya aku sebel aja kalau ada orang yang iri sama guru karena mendapat tunjangan sertifikasi. Belum tau dia, gimana rasanya jadi guru mapel kompetensi produktif di SMK.  But tetep…I try to keep saying : “I feel happy with my life. Everything is enough for me. I enjoy my life. I enjoy my work. I enjoy my everyday life. Thank You Allah, for everything you have given to me.”


2 Comments on “It’s About My Busy Days (Halah :))”

  1. gambarpacul says:

    tugas guru kalo yang bekum tahu dikiranya cuma didalam kelas aja ya La…….berarti yang ngusulin jam ngajar menjadi 27,5 jam per minggunya itu gak paham kerja guru..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s