How Can I Forget ?

Dari sebuah artikel di salah satu situs kesehatan aku pernah baca bahwa kemoterapi dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Begitu baca itu, reaksiku langsung “Oh, pantes aja, aku sering lupa jemput Nayla.” Separah itukah ?

Setiap hari Senin sampai Kamis jam 13.00 WIB dan Jumat jam 11.00 WIB, seharusnya aku jemput Nayla pulang sekolah. Sedangkan Sabtu suamiku yang jemput. Tapi sayangnya, aku sering lupa. Baru ingat setelah jam 13.00 lewat 20 menit, atau bahkan lewat 30 menit ! Kasihan Nayla nunggunya kelamaan. Sesiang apapun aku datang menjemputnya, sebetulnya dia masih aman di kelas bersama ustadzahnya. Untungnya dia juga sudah makan siang di sekolah. Nayla sih nggak pernah marah atau protes kalau aku jemputnya terlambat. Cuma aku saja yang merasa bersalah padanya dan juga nggak enak sama ustadzahnya. Dan rasanya aneh aja saat aku harus bilang pada ustadzahnya “Maaf ya Ust, jadi ngerepotin…tadi saya lupa jemput…” saking lugunya diriku, aku katakan apa adanya. Biasanya sih Ust nya maklum, cuma tersenyum, “Nggih bu, nggak papa…” Tapi kan kalau keseringan lupa, aneh banget ya, nanti dikira aku nggak bisa ngurusin anak (jangan-jangan iya? :)).

Kenapa bisa sering lupa begitu ya ? Kadang karena jam-jam segitu adalah jadwalku mengajar di kelas. Kadang walaupun sedang tidak ada jam, tapi karena banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan, jadi lupa. Kadang sampai temanku satu ruangan yang harus mengingatkan. Akhirnya, mulai sekitar dua bulan yang lalu aku setting alarm di hpku untuk mengingatkan (kenapa kepikirannya baru dua bulan lalu ya ?). Masih saja bisa lupa gak jemput on time, karena kadang aku juga masih saja lupa untuk menyetelnya. Apalagi sekarang ada peraturan terbaru bahwa guru nggak boleh bawa HP ke kelas. Ya sudah, aku nggak punya reminder lagi…harus bener-bener diingat-ingat kalo nanti siang harus jemput.

Itu tentang lupa jemput Nayla. Masih ada lagi lupa balikin buku pinjeman ke perpus PWP, sampai kena denda banyak banget. Juga lupa minum obat tamoxifen ! Payah banget ya.. untung saja lupanya cuma sehari-sehari (tapi beberapa kali)…nggak lupa berhari-hari terus-terusan…🙂. Akhirnya sekarang aku setel everyday reminder di HP ku untuk jam 8 malem. Jadi setiap hari kalo jam 8 malem, HP ku akan berbunyi, menyala berkedip-kedip dan ada tulisannya “drink tamoxifen”. Akhirnya berkat benda ajaib bernama HP itu, sampai sekarang aku nggak pernah lupa lagi minum obat. HP ku itu bener-bener teman setiaku. Semoga dia bisa bertahan selamanya menemaniku.



Leave a Reply

