Setahun Setelah Kemoterapi Pertama…..

..…and I’m still alive (yang bener aja, memangnya kemoterapi bisa bikin mati ? :)). And here I am🙂. Mestinya, tulisan ini aku buat tanggal 20 Oktober yang lalu, biar pas setahun, karena tepat setahun sebelumnya adalah jadwal kemoterapi pertamaku (20-10-2010, tanggal yang cantik bukan ?) Tapi baru sempat nulis hari ini, karena banyak banget pekerjaan setelah UTS minggu kemarin.

Aku ingat, sepuluh hari sebelum tanggal itu, yaitu hari Minggu pagi tanggal 10-10-2010 (kebetulan banget, tanggal cantik lagi ! :)), sambil duduk di pinggir pantai teluk penyu bersama keluarga, aku menulis di notes hp ku bahwa “Aku tak tahu apa yang telah Dia persiapkan untukku di balik ujian hidupku kali ini. Yang jelas, aku hanya ingin lulus dalam menempuh ujian dariNya (semoga aku bener-bener sudah lulus ya..).

Dan apa yang terjadi setahun setelah hari kemoterapi pertama? Sama seperti setahun yang lalu, pada tanggal itu aku juga berada di luar kota. Kalau setahun lalu aku berada di Yogya, terbaring di ruang kemoterapi poli tulip, maka tanggal 20-10-2011 kemarin, adalah hari keduaku berada di Pati, bersama teman-temanku dan Nurul, siswaku yang mengikuti Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Propinsi Jateng untuk mata lomba Akuntansi.

Aku berangkat ke Pati bersama rombongan teman-teman dari Kompetensi Keahlian lainnya seperti Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Pemasaran dan Usaha Perjalanan Wisata, beserta siswa mereka masing-masing yang akan mengikuti lomba. Dari Cilacap kami berangkat tanggal 18 Oktober jam 02.00 WIB. Sampai di Pati sekitar jam 10.00 WIB, langsung menuju lokasi lomba masing-masing untuk registrasi. Mata lomba Akuntansi bertempat di SMKN 1 Pati. Setelah registrasi, kami beristirahat di penginapan yang disediakan oleh panitia, kemudian jam 16.00 WIB aku dan Nurul kembali ke SMKN 1 Pati untuk technical meeting.

Esok paginya, lomba dimulai tepat jam 07.00 WIB, dengan teori akuntansi sampai jam 08.00 WIB dilanjutkan dengan siklus akuntansi manual, lalu dilanjutkan dengan komputer akuntansi MYOB versi 17 dengan diseling tiga kali istirahat dan baru berakhir pukul 19.00 WIB. Bayangkan betapa capeknya Nurul. Sedangkan kami para guru pendamping, mendapat materi workshop dari jam 08.00 WIB sampai 11.30 WIB dari para juri. Jurinya adalah Dr. Widi dari Unisbank, lalu pak Ali Mahmudi dari MYOB Indonesia, dan Sohidin SE Ak, MSi dari salah satu Kantor Akuntan Publik di Surakarta.

Esoknya tanggal 20 Oktober itu, adalah hari kedua lomba, berisi presentasi materi akuntansi beserta tanya jawab dengan Juri, dalam bahasa Inggris. Masing-masing peserta mendapat jatah waktu 15 menit. Nurul mendapat giliran tampil no 28, sehingga baru tampil pada sekitar pukul 15.00 WIB. Jam 16.30 WIB lomba selesai, dan jam17.30 diumumkan hanya pemenang 5 besar saja. Dan Nurul tidak masuk lima besar. Dia kecewa, jelas itu. Tapi aku mencoba menghiburnya agar dia tidak terlalu kecewa. Nurul bilang bahwa soalnya memang kategori sulit, dokumen transaksinya banyak banget, lebih dari 60, sehingga waktunya kurang. “Padahal saya sudah berusaha nulisnya cepet banget bu…” katanya. Aku bilang nggak papa, bahwa dia sudah melakukan yang terbaik yang dia bisa. Yang penting sekarang tinggal fokus ke Uji Kompetensi LSP-TA dan UN, biar bisa dapat nilai sepuluh semua.

Pada saat pengumuman hasil lomba, juri mengatakan bahwa keseluruhan peringkat dari 35 peserta akan diumumkan pada saat penutupan malam itu di SMK Tunas Harapan Pati. Tapi ternyata, pada malam penutupan hanya dibacakan peringkat lima besar dari seluruh mata lomba. Ketika kami (aku dan teman-teman) menghubungi panitia di sekretariat, mereka bilang daftar peringkat akan diupload di web resmi LKS, di www.lksjateng2011.com.

Esoknya kami baru kembali ke Cilacap. Di perjalanan, aku sms ke salah seorang guru SMKN 1 Pati, menanyakan Nurul dapat peringkat berapa. Penasaran banget soalnya🙂. Dan dapat jawaban bahwa kami berada di peringkat 14 ! Ya sudahlah. “Nggak papa Nurul, yang penting kita dapat banyak pengalaman.” Kataku kepada Nurul. Dan esoknya aku dapat email dari pak Ali Mahmudi berisi daftar peringkat lengkap beserta perolehan nilai masing-masing (Terimakasih pak Ali :))

Sepanjang perjalanan pulang kemarin itu, seperti biasa, pemandangan yang paling dicari di sepanjang jalan adalah rumah-rumah kuno. Dan di Kudus, aku menemukan dua rumah kuno yang indah banget. Juga di Semarang dan Magelang, banyak rumah kuno yang bagus-bagus banget.

Perjalanan pulang itu lewat Kopeng, dan kami membeli oleh-oleh jeruk baby, wortel, brokoli dan banyak lagi sayuran dari pegunungan. Dan aku sangat menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan di daerah Kopeng, Salatiga.

Sungguh waktu rasanya berputar begitu cepat. Ternyata satu tahun sudah berlalu sejak hari itu. Setahun setelah kemoterapi pertama, aku bertekad memperkaya hidupku dengan pengalaman-pengalaman baru. Belajar hal-hal baru, dan berusaha mewujudkan “to do before I die list” ku.

Sepertinya aku bisa mengambil kesimpulan bahwa “hidup adalah kumpulan dari detik demi detik yang dilewati dalam bahagia dan sedih, susah dan senang, sehat dan sakit, sampai tiba saatnya pada detik yang terakhir.”🙂 (Masih terus berusaha mencoba untuk bisa hidup seimbang antara duniawi – ukhrawi, and still, try to keep saying “I feel happy with my life. Everything is enough for me. I enjoy my life. I enjoy my work. I enjoy my everyday life. Thank You Allah, for everything you have given to me.” :))

By the way, what will happen in 11-11-2011 ? I hope it will be my (another) happy day. Amin.



Leave a Reply

