Salah Sambung

Aku nggak menyangka, kalau sebuah telepon salah sambung bisa membuatku jadi tak enak hati dan kepikiran terus sampai beberapa waktu. Semua itu gara-gara ucapanku, nada suaraku yang mungkin terdengar ketus ketika menjawab telepon itu. Itu sebabnya setelah itu, aku jadi merasa bersalah, merasa tak enak hati kepada si penelepon.

Ceritanya begini. Beberapa hari yang lalu, aku mendapat telepon dari nomer tak dikenal. “Halo,“ sapaku. “Bu, ini dengan bu X ya ?” suara bapak-bapak bertanya padaku. Lalu aku jawab, “Bukan, salah sambung.” (tuh, kan, mestinya aku bisa jawab lebih sopan dari itu kan ?) Bapak itu kelihatan kaget “Hah?!” dan seperti ada nada marah dalam suaranya. Lalu kembali aku bicara “Bukan, salah sambung..” (tuh, kan, aku bahkan bilangnya nggak pakai “Pak”). “Oh ya sudah ya bu..” kata bapak itu, pakai bahasa jawa kromo inggil dengan nada permisi. “Nggih pak.” Jawabku singkat, dan sambungan telepon pun putus. Waktu itu memang aku sedang mengerjakan sesuatu, kalau nggak salah sedang koreksi ulangan siswa dan aku merasa terganggu dengan bunyi HP ku.

Setelah itu aku baru menyadari kesalahanku. Seharusnya aku bisa bicara lebih sopan. Aku jadi malu sendiri, kenapa seketus itu bicara di telepon dengan orang tak dikenal. Mestinya walaupun itu telepon salah sambung dan dengan orang tak dikenal, aku nggak boleh bicara seperti itu.

Lagi pula, kok bisa sampai salah sambung begitu sih ? Sudahlah, nggak ada yang bisa disalahkan selain diriku sendiri. Kenapa juga aku jawabnya ketus begitu ? Padahal si penelepon itu begitu sopan ? Bener banget yang orang  jawa bilang ya, bahwa ajining diri saka lathi. Berarti aku harus lebih hati-hati kalau bicara.  Dan berusaha untuk tidak terlalu childish (masa sudah ibu-ibu masih childish ?). Aku sadar bahwa masih banyak hal yang harus diperbaiki dari diriku. Masih begitu banyak kekurangan yang kumiliki, dan aku harus bisa memperbaikinya. Semoga.


2 Comments on “Salah Sambung”

  1. gambarpacul says:

    he..he…..gpp La yang penting udah menyadari…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s