Stress ? Oh No.. ! Keep Away From Me !

Setiap mau nulis postingan, biasanya aku cari-cari gambar dulu untuk dipasang bareng tulisan di blog. Dan gambar itu aku cari yang sesuai dengan judulnya. Dan berhubung sekarang ini judulnya tentang stress, maka aku cari gambar juga dengan judul stress.

Tadinya ketika mau nulis postingan ini perasaanku agak – agak sedikit stress, tapi setelah liat – liat gambar di google  dengan judul stress, ternyata gambarnya malah lucu – lucu, jadi bikin aku agak mendingan sekarang. Apalagi nanti kalau aku udah selesai ketikkan ini semua, pasti perasaanku akan jauh lebih baik.

Stress ? Why ? Siapa sih orang yang mau stress ? Pasti nggak ada kan ? Banyak orang bilang bahwa stress tidak baik dampaknya untuk kesehatan. Setuju banget ! Stress bisa membuat tingkat kekebalan tubuh menurun (pada orang sehat, apalagi untuk survivor ca seperti aku, harus tidak boleh stress, katanya lho..)

Katanya, kalau survivor ca stress, maka kankernya akan cepat balik lagi. Serem kan ? Percuma dong segala macam kemo dan radioterapi yang udah dijalani. Jadi…. sebisa mungkin aku menghindar dari makhluk bernama stress dan teman – temannya, dan hal – hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya.

Walaupun kuakui memang agak – agak sulit, dalam posisiku di tempat kerja sekarang sebagai ketua kompetensi keahlian akuntansi (Cie… :) Bener lho, kerjaannya banyak banget..!) tapi sepertinya sejauh ini usahaku itu cukup berhasil. Sampai… datanglah kabar itu. Kabar bahwa LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tingkat Kabupaten akan segera diadakan, dan selama ini sekolahku selalu juara satu di tingkat kabupaten. Bahwa di tingkat Propinsi  selalu masuk peringkat 10 besar. Bahwa sekolahku kali ini punya target masuk 10 besar tingkat nasional. Bahwa saingan untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi, bahkan di tingkat kabupaten pun sekarang sudah banyak dan cukup berat (kata temanku malah beraaat…banget). Kenyataan bahwa aku sekarang Ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi, tekanan bahwa harus menang di tingkat kabupaten, padahal anak yang mau diikutkan lomba sekarang sedang praktek kerja di institusi pasangan, baru menempuh dua bulan dari waktu yang seharusnya tiga bulan. Bahwa kesuksesan hasil lomba nanti adalah tanggung jawabku… So, what should I do ?

Pertama, aku akan buat surat permohonan dispensasi ke institusi pasangan tersebut, agar siswa tersebut bisa mengikuti kegiatan pembekalan di sekolah, untuk persiapan mengikuti lomba. Kedua, harus segera menghubungi guru – guru yang terkait dengan kompetensi yang dilombakan, agar mereka bisa segera memberikan materi pembekalan. Ketiga, berusaha tetap tenang, yakin dan percaya pada kemampuan siswa tersebut, bahwa selama kita berusaha maksimal, insya Allah nanti bisa menang. Maksimalkan usaha, hasilnya serahkan pada Allah. Dan apapun hasilnya nanti, harus bisa menerima dengan ikhlas. Keempat, kalau ternyata nantinya kalah di tingkat kabupaten (oh, tidak…!) siapkan mental lebih, lebih dan lebih kuat untuk menghadapi segala hal terburuk yang mungkin akan datang dan aku terima. Bukannya berburuk sangka (lalu apa ? :)) sih, tapi bukankah kita harus bisa terima kenyataan bahwa tidak semua orang suka dengan kita, bisa memahami kita, bisa mengerti kekurangan kita dsb dll…kan ? Jadi, mungkin nanti ada suara – suara yang tidak enak didengar yang terpaksa sampai juga ke telingaku. Hm… harus bagaimana lagi ya…?

Mungkin aku harus ingat – ingat lagi postinganku yang lalu, yang mengatakan bahwa yang harus aku lakukan sekarang adalah ; do your best as you can, ask for help, be careful and ignore whatever people say. Terakhir jangan lupa selalu berdoa.

Aku nggak mau hanya gara – gara jadi ketua program terus bikin kankerku kambuh lagi. Terlalu mahal yang harus dikorbankan. Tidak sebanding dengan hanya jabatan semacam itu. Kapan, ya….aku bisa jadi guru biasa lagi…? (kepingin banget mode on :))


8 Comments on “Stress ? Oh No.. ! Keep Away From Me !”

  1. Failasufah says:

    Iya Mil, trims.. Memang sabar itu harus diposisikan seperti nafas dalam hidup, ya..🙂

  2. gambarpacul says:

    karena hanya dengan sabar kita bisa bersama Allah.. La

  3. sima says:

    hi Faila, salam kenal.
    stres itu biasa, asal jangan kelamaan… bisa gawat..

    • Failasufah says:

      Salam kenal juga Mbak Sima…iya ya…harus bisa memanage stress nih…🙂 Makasih kunjungannya Mbak…Dan semoga Mbak Sima selalu sehat, selalu kuat dan tabah. Amin…

  4. Nur Ana Sejati says:

    mbak gambarnya bagus2..emang bener liat gambarnya saja dah bisa senyum..stidaknya ngurangi sedikit stressnya

  5. […] lega dan bahagia banget, setelah sebulan ini sempat stress berat (lebay ), capek fisik dan psikis, setiap hari pulang sore menemani anak latihan, akhirnya…Lomba […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s