Pada Ramadhan Kali Ini….

Alhamdulillah, sebentar lagi ramadhan datang. Seminggu yang lalu, aku baru menyadari bahwa aku masih punya hutang puasa ramadhan tahun lalu sebanyak sepuluh hari. Jadi, minggu kemarin aku berusaha melunasi hutangku, lumayan sudah lunas enam hari. Tinggal empat hari lagi.

Ramadhan esok adalah ulang tahun pertama “pertemuanku” dengan my cancer. Tepatnya, pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2010, adalah hari “pertemuan”ku. Tepat seminggu setelah hari ulang tahunku yang ke 36. Itu sebabnya aku menganggapnya sebagai hadiah ulang tahunku. Dua hari berikutnya, yaitu Kamis tanggal 12 Agustus 2010, aku menemui dokter bedah umum dan disarankan untuk operasi biopsi. Dua hari berikutnya, Sabtu 14 Agustus 2010, aku menjalani operasi biopsi. Lalu nunggu hasil PA nya lama banget, hampir sebulan. Selama menunggu itu, aku banyak browsing tentang ca mamae dan tanya-tanya ke blog ini, yang kebetulan aku temukan waktu browsing. Selama bulan ramadhan itu, aku berdoa setiap malam agar hasil PA nya negatif, agar hasilnya tumor jinak biasa aja, bukannya kanker.

Tapi rupanya, beberapa hari sebelum Idul Fitri, suamiku mengambil hasil PA itu tanpa sepengetahuanku, dan tidak memberitahukan hasilnya padaku. Baru beberapa hari sesudah Idul Fitri dia memberitahukannya kepadaku. Aku sempat marah padanya karena tidak segera memberitahukan hasilnya. Setelah mendengar hasilnya, tentu saja aku sedih dan takut. Tapi aku tahu bahwa aku harus menjalani semuanya, menjalani takdirku dengan tabah dan sabar, berusaha meyakinkan diriku bahwa apapun yang terjadi adalah yang terbaik. Bahwa aku harus bisa menerimanya dengan sabar dan syukur, seperti seharusnya sikap seorang hamba Allah yang baik.

Aku menyadari bahwa aku sudah bisa menjalani 36 tahun dalam hidupku, dengan segala suka dan duka dan aku masih akan berani menjalani sisa hidupku walaupun dengan penyakit ini pada diriku. Aku sudah pernah bahagia dan sedih, dan aku tahu bahwa bahagia dan sedih itu akan terus berulang di sepanjang sisa hidupku. Karena inilah hidup, yang harus dihadapi dan dinikmati.

Aku bersyukur bahwa ramadhan sudah dekat. Dan aku berharap masih bisa bertemu dengan ramadhan-ramadhan berikutnya. Dan aku ingin mengisi bulan ramadhan mendatang ini dengan maksimal. Semoga.

Pada Ramadhan Kali Ini

Pada ramadhan kali ini,

Kupanjatkan doaku dengan sepenuh hati

Terimalah semua ibadahku

Karena aku tidak tahu

Masihkah aku bertemu lagi dengan ramadhan tahun esok

Pada ramadhan kali ini

Sepenuh hati aku berharap

Kabulkanlah semua doaku

Karena aku tak tahu

Masihkah aku bisa berdoa pada ramadhan tahun esok

Pada ramadhan kali ini

Sepenuh hati aku bermohon

Ampunilah semua dosaku

Yang  telah lalu dan yang akan datang

Karena aku menyadari

Bahwa aku bukan orang yang sempurna

Dan aku ingin, kelak bisa menghadapMu

Dalam keadaan suci

Tuhanku yang Maha Penyayang

Aku tahu bahwa Engkau sangat menyayangiku

Bahwa Engkau akan mengabulkan doaku

Karena itu aku bermohon

Masukkanlah aku dalam golongan

HambaMu yang selalu bersyukur dan bersabar

(However life treat me

I know that indeed, You always treat me kind,

In every single breath I take and in every heart beat).


7 Comments on “Pada Ramadhan Kali Ini….”

  1. gambarpacul says:

    wah……kalo aku ramadan kali ini berarti sudah 1 tahun di Korea, dulu berangkatnya pertengahan ramadan..

  2. Failasufah says:

    oh ya Mil…? Berarti betah dong… Besok-besok aku diceritain ya…gimana ramadhan di Korea..pasti sepi ya…? Gak ada sholat tarawih jamaah…?

  3. rini nurdiana says:

    elaaa..aq suka baca2 blogmu…co cwiiittt deeh,inspiratif bgd!!!!!!

  4. Failasufah says:

    Makasih banget Rini…! Kalo aku, suka sama komen-komenmu deh….🙂

  5. gambarpacul says:

    @ RInil……jal rin gawe blog lah…………….aja mesbuk baen..

  6. Failasufah says:

    Iya Rini…kau bikin blog juga dong…jangan lupa nanti launchingnya pake acara makan-makan ya…? Nanti Emil dapet ceritanya aja ya…sama foto-fotonya….🙂

  7. rindoetz says:

    weiiitz…nek aq spesialis koment broo…dudu bloger haaaaa


Leave a Reply

